Sabtu, 17 Januari 2015

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik dan Membimbing Anak

mendidik anak untuk menjadi anak yang baik adalah kewajiban orang tua dengan memberikan pendidikan agama dan ilmu pengetahuan.
pendidikan anak menjadi baik memang susah-susah gampang, dan terkadang orang tua ada kesalahan dalam mendidiknya. dari kesalahan itu mengakibatkan disaat anak beranjak remaja mempunyai prilaku dan kepribadian yang tidak baik.
orang tua harus mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan orang tua dalam mendidik anak.
berikut ini apa saja yang tidak boleh dilakukan orang tua dalam mendidik anak: Menumbuhkan rasa takut dan minder pada anak, Mendidiknya menjadi sombong, panjang lidah, congkak terhadap orang lain. Dan itu dianggap sebagai sikap pemberani,
Memenuhi semua permintaan anak, Kemarahan yang tidak tepat, Membandingkan mereka dengan anak-anak lain, Suka berjanji tapi tidak ditepati, Over protektif.

1. menumbuhkan rasa takut dan minder pada anak.
sering ditakut-takuti itu pemicu awal tumbuhnya rasa takut anak, misalkan anak menangis ditakut-takuti dengan adanya makhluk halus atau orang tua menceritakan cerita hantu itu menjadi dampak awal terhadap rasa takut anak. sebagai conoh anak ingin pergi kekamar yang gelap maka mereka akan merasa ngeri dan takut. mereka beranggapan bahwa dikamar itu ada hantu atau jinnya.
rasa takut itu akan tertanam sampai didewasa.
anak sering kali minder atau malu ketika mau bertanya kepada orang tua karena mereka beranggapan orang tua nya akan menertawakannya. perilaku orang tua yang seperti itu merupakan kesalahan. karena tanpa disadari akan menumbuhkan rasa malu dan minder terhadap dirinya.
2. Mendidiknya menjadi sombong, panjang lidah, congkak terhadap orang lain. Dan itu dianggap sebagai sikap pemberani
pembentukan sikap pemberani ini harus selalu diawasi, sering kali anak salah dalam mengartikan sikap berani ini. berani tidak dengan bersikap sombong terhadap orang lain. tetapi sikap berani harus sesui tempatnya dan rasa takut apabila itu harus ditakuti. misalkan takut berbohong karena allah marah dengan berbohong, takut terhadap binatang buas, berani menerima kesalahan dan kekelahan.
3. Memenuhi semua permintaan anak
orang tua memang perlu menuruti kehendak anak, tetapi jangan menuruti segala kehendak anak. karena dengan selalu menuruti kehendak anak menjadikan anak manja dan tidak mandiri.
4. Kemarahan yang tidak tepat
terkadang memarahi anak itu merupakan kewajiban orang tua. tetapi memarahi anak harus dilakukan sesuai waktu dan tempatnya. jangan memarahi anak didepan umum atau orang banyak dan didepan temannya. karena itu menimbulkan rasa malu.
5. Membandingkan mereka dengan anak-anak lain
anak mana yang mau dibandingkan dengan orang lain. setiap anak memiliki potensi berbeda. terkadang orang tua selalu membandingkan anak dengan anak yang lain, misalkan teman anak itu bisa main piano, bukan berarti anak kita juga harus jago main biola.
6. Suka berjanji tapi tidak ditepati
sikap orang tua ini dibenci oleh anak,sering kali orang tua menjanjikan sesuatu tetapi tidak ditepati. hal ini dapat mengecewakan anak dan tidak mempercayai lagi.
7. Over protektif
orang tua pernah merasakan masa anak-anak, dan mengetahui mana yang baik atau tidak terhadap anak, sehingga menjadi over protektif. sikap ini menjadikan anak menjadi pembangkang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar