Rabu, 14 Januari 2015

Mendidik anak

setiap orang tua mengatahui cara mendidik anak itu sulit, alangkah bahagianya memiliki anak yang cerdas, sopan, patuh, dan berkelakuan baik. maka dari itu, untuk memiliki anak yang berkepribadian baik sepenuhnya tugas dari orang tua untuk mendidik anak sejak dini. Salah satu alasan kenapa orang tua memiliki peranan penting terhadap tumbuh kembang anak, seperti perkembangan emosional, intelektual dan keagamaannya. ada beberapa cara orang tua untuk mendidik anak yaitu dengan mengajarkan kemandirian dan tanggung jawab sejak dini, tumbuhkan rasa keingin tahuan anak, tumbuhkan kemampuan anak dalam memberikan atau melontarkan pendapat, tumbuhkan rasa sosialisasi anak, dan jadilah contoh untuk anak.
Berikut penjalasan dari cara mendidik anak:
  • Mengajarkan kemandirian dan tanggung jawab sejak dini

Terkadang orang tua over protektif terhadap anak dan mengkhawatirkannya, sikap orang tua ini akan menghambat perkembangan anak terhadap kemandirian dan tanggung jawab anak, belajarlah untuk mempercayakan anak namun tetap dalam pengawasan dari jauh tanpa pengekangan. Ajarkan setiap selesai main harus dirapikan sendiri, atau waktu sekolah tiba biasakan untuk merapikan peralatan sekolah sendiri.
  • Menumbuhkan rasa keingin tauan anak

Anak-anak sering bertanya kepada orang tua ketika melihat benda atau hal yang baru mereka lihat. Berikan jawaban yang mudah dipahami oleh anak, kalau tidak mengetahui berikan jawaban yang logis atau terkait dengan pertanyaan itu, jangan pernah berbohong dan hindari mengataka TIDAK TAU.
  • Menumbuhkan kemampuan anak dalam memberikan pendapat

Terkadang orang tua mengacuhkan pendapat anak, padahal itu bisa membuat anak menjadi minder dan pemalu. berikan anak keleluasaan dalam memberikan pendapat, dan berilah arahan yang positif terhadap setiap pendapat yang diutarakan anak, sebagai contoh berilah apresiasi positif dan pujian dari pendapat anak walaupun pendapat itu asal-asalan.
  • Menumbuhkan rasa sosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial, berikan anak pendidikan bersosial sejak dini sangatlah penting. Agar anak bisa menghargai lingkungan sekitar dan menghargai orang lain. Berikan contoh yang baik dalam bersosial misalkan tidak sombong terhadap orang lain.
  • Dan jadikan anda sebagai contoh untuk anak

Jadikan anda sebagai contoh terhadap anak, dalam pepatah menjelaskan “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya” jadi misalkan anak berbudi pekerti yang baik, bertutur kata yang bagus, sopan santun dan beriman, maka jadikan kepribadian anda seperti yang ingin diajarkan kepada anak, berbaik hati terhadap orang, suka menolong, bertutur kata yang baik, dan taat terhadap perintah tuhan.

Semua penjelasan itu adalah memberikan rasa sayang dan perhatian terhadap anak, jangan mengekang anak, berikan contoh yang baik terhadap anak. Dengan memberikan contoh langsung akan memudahkan anak untuk menyerap pelajaran yang orang tua berikan.  Kunci utama dalam kesuksesan mendidik anak adalah rasa kasih sayang orang tua terhadap anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar